(0 pemilihan)

foto di artikel sambutan kepsek resize

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Datang di Website SMK Negeri 4 Depok.

SMK Negeri 4 Depok adalah sekolah kejuruan negeri pertama dan satu-satunya di Kota Depok yang memiliki program studi keahlian Teknologi Pesawat Udara. Sekolah ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang mampu bekerja sebagai tenaga professional di dunia penerbangan, khususnya di bidang perawatan dan perakitan pesawat udara.

Dunia penerbangan Indonesia pada umumnya, serta pesawat udara pada khususnya, mengalami pertumbuhan yang signifikan seiring dengan pertumbuhan destinasi pariwisata di negeri kita yang semakin semarak. Pembukaan rute baru dan penambahan frekuensi penerbangan di sejumlah wilayah Indonesia serta internasional menjadi indikator denyut nadi industri tersebut. Saat ini transportasi udara tengah menjadi tren dan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, terutama di beberapa daerah terpencil. Untuk itu, besarnya jumlah penumpang yang akan diangkut pada masa yang akan datang sejalan dengan peningkatan pembangunan bandara di berbagai wilayah Indonesia.

Pariwisata membutuhkan transportasi yang mumpuni, lebih-lebih lagi Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana transportasi udara dinilai lebih efektif dan lebih dibutuhkan. Oleh sebab itu, beberapa tahun belakangan ini, banyak berdiri bandar udara baru di seluruh penjuru negeri, guna memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di Indonesia.

Industri maskapai penerbangan Indonesia juga bisa dibilang meningkat pesat. Hal ini berimbas pada banyak dibutuhkannya tenaga-tenaga ahli dalam dunia dirgantara, dalam hal ini pesawat udara, baik di bidang manufaktur maupun perakitan pesawat udara. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, industri penerbangan dalam negeri terus berkembang dan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Buktinya, beberapa proyek pembuatan pesawat terbang kini tengah dilakukan oleh sejumlah instansi dan pihak swasta.

Industri penerbangan Indonesia telah menemukan masa kejayaannya dalam tujuh tahun terakhir (2011-2017). Puncaknya terjadi tahun 2017 lalu. Dengan penduduk lebih dari 250 juta jiwa dan kelas menengah yang tumbuh pesat membuat kebutuhan dan layanan jasa penerbangan ke seluruh Indonesia terus meningkat. Menurut survey CDMI, jumlah penumpang pada tahun 2011 mencapai 68 juta penumpang dan tahun 2016 angkanya telah mencapai 100 juta penumpang dan prediksi di tahun 2017 mencapai 105 juta penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan berdasarkan data International Air Transport Association (IATA) bahwa Indonesia akan menjadi salah satu dari 10 pasar penerbangan dunia pada tahun 2020 dan mencapai peringkat ke-6 pada tahun 2029. Sedangkan pada tahun 2034, diperkirakan Indonesia akan menjadi pasar dari 270 juta penumpang.

Generasi muda Depok dan Jawa Barat pada khususnya, serta Indonesia pada umumnya, memiliki kesempatan dan tantangan besar untuk turut serta berperan aktif dalam industri penerbangan dalam negeri yang sedang dalam tren yang positif ini. Maka hadirnya SMK Negeri 4 Penerbangan Depok dinilai tepat untuk menjawab tantangan tersebut, lebih-lebih lagi dunia Industri Penerbangan Indonesia masih lebih banyak menggunakan tenaga asing. Hal ini menjadi pelecut dan penyemangat serta kesempatan bagi siapa saja untuk mengambil peran di dunia industri penerbangan yang semakin meningkat di Indonesia sebagai negara kepulauan dimana transportasi udara sangat dibutuhkan.

Sumber daya manusia Indonesia di usia produktif yang begitu besar ini akan sangat disayangkan bila dunia Industri Penerbangan diambil oleh orang asing, maka sudah sepantasnya generasi muda harus segera dan mengambil peran aktif di dunia industri tersebut. Semoga informasi yang ada di Website SMK  Negeri 4 Penerbangan  Depok ini mampu memberikan informasi yang cukup tentang pendidikan di bidang Teknologi Pesawat Udara. Terima kasih.

 

Kepala SMK Negeri 4 Depok,

 

Drs. Samsuri, MM.

 

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Identitas Sekolah GTK »