(3 pemilihan)

Depok, adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan sebutan Kota Belimbing. Berbatasan langsung dengan wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, memungkinkan Kota Depok menjadi kota yang berkembang sangat pesat. Tahun 2015, Bapak DR. Ir. Nur Mahmudi Ismail, M.Sc yang saat itu menjabat sebagai Walikota Depok, bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok,  Bapak Ir. Herry Pansila, M.Sc, mendirikan SMK Negeri 4 Penerbangan Depok yang menekankan kedisiplinan dan pembentukan karakter yang kuat bagi para peserta didiknya.

SMK Negeri 4 Penerbangan Depok terletak di Jl. Kramat 3 No. 16, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok. SMK Negeri 4 Penerbangan Depok berdiri melalui SK Walikota Depok No: 903/220 Keputusan/Disidk/Hub/2015 dengan kompetensi: Elektronika Pesawat Udara, Kelistrikan Pesawat Udara, serta Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara.

Sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 yang mengamanatkan alih kelola SMA-SMK, maka mulai Januari 2017 pengelolaan SMK Negeri 4 Penerbangan Depok beralih ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Tahun 2017-2018 SMK Negeri 4 Penerbangan Depok berencana menambah satu kompetensi baru, yaitu Airframe Powerplant atau AP.

Dengan luas tanah 3.333 m2, dinilai belum memenuhi standar sarana untuk sekolah kejuruan, apalagi untuk sekolah penerbangan. Akan tetapi, SMK Negeri 4 Penerbangan Depok tetap memiiki komitmen yang sangat tinggi untuk membentuk Taruna/Taruni yang berkarakter dan berkepribadian yang tangguh serta disiplin.

Saat ini SMK Negeri 4 Penerbangan Depok memiliki visi terwujudnya SMK yang berkarakter, kuat, dan unggul. Untuk mewujudkan visi sekolah tersebut, SMK Negeri 4 Penerbangan Depok menjalin kerjasama dengan berbagai macam instansi lain, seperti :

  • Bekerjasama dengan SMK Negeri 6 Tangerang
  • Bekerjasama dengan pihak maskapai dan instansi penerbangan
  • Bekerjasama dengan TNI AU dalam kegiatan Bela Negara dan Survival Dasar

Melalui kerja sama dengan pihak lain, pengetahuan dan keterampilan Taruna/Taruni SMK Negeri 4 Depok diharapkan lebih meningkat.

Selain itu, untuk membantu mewujudkan visi misi sekolah, SMK Negeri 4 Penerbangan Depok bergabung dalam Forum Komunikasi SMK Penerbangan Indonesia (FKSMKPI) yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi, saling berbagi sesama anggota forum untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan serta menjadi sarana komunikasi sekolah dengan Dunia Usaha dan Industri (DU/DI).

Sebelum pembelajaran di SMK Negeri 4 Penerbangan Depok berlangsung, secara rutin para Taruna/Taruni selalu mengadakan apel pagi, dilanjutkan dengan literasi fisik seperti push-up, scot rush dan pull up. Setelah itu, dilanjutkan lagi dengan tadarus pagi, membaca Al-Qur’an bagi Taruna/Taruni yang muslim, serta doa pagi untuk yang beragama nasrani. Kemudian pada akhir pembelajaran diakhiri dengan apel siang dan kegiatan literasi fisik. Untuk kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 4 Penerbangan Depok bukan hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Dari aktivitas harian inilah semangat pembentukan karakter yang kuat dimuncukan, baik secara akademik maupun fisik.

Kesiswaan SMK negeri 4 Penerbangan Depok memiliki komitmen untuk menitikberatkan pada kedispinan, kejujuran, kerja keras, dan tanggung jawab. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, SMK Negeri 4 Penerbangan Depok mengawalinya dari penerimaan Taruna/Taruni baru dengan mengadakan tes fisik, kesehatan, membaca Al-Qur’an dan Alkitab. Kemudian, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Survival Dasar, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), serta Jambore Pramuka. Selain itu, SMK Negeri 4 Penerbangan Depok memiliki organisasi Polisi Taruna atau POLTAR, yang ikut bertanggungjawab membantu menjaga kedisplinan Taruna/Taruni.

Berbagai macam kegiatan mulai dari upacara bendera dalam upaya meningkatkan ketertiban dan kedisplinan hingga pada pembinaan karakter melalui kegiatan kerohanian dilakukan untuk dapat mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan sesuai dengan agama yang mereka peluk.

SMK negeri 4 Penerbagan Depok menyalurkan bakat Taruna/Taruni melalui kegiatan Ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler seperti Rohis/Rohkris, Pramuka, Bela Negara, Pencak Silat, Taekwondo, Karate, Dayung, Aero Modelling, Paskibra, PMR, dan lain-lain. Khusus untuk Bela Negara, pelaksanaannya langsung ditangani oleh tim dari TNI AU Halim Perdana Kusuma.

Untuk prestasi, di usia yang tergolong masih sangat muda, SMK Negeri 4 Penerbangan Depok sudah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain dalam mengukir prestasi. Pada akhirnya, dengan segala keterbatasan, SMK Negeri 4 Depok tetap berkomitmen menjadi sekolah yang berkarakter, kuat dan unggul sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah.

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Visi dan Misi Sekolah Sarana dan Prasarana »