Sebanyak 20 taruna/i SMKN 4 Depok dari program keahlian Teknik Elektronika Industri dan Teknik Tata Kelola Logistik mulai mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) / On The Job Training (OJT) gelobang pertama bertempat di PT. Panasonic Manufacturing Indonesia per hari ini 24 September hingga 24 Desember 2021. Harapannya, para siswa dapat memiliki kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung ilmu teori yang telah didapatkan selama di sekolah.

Beberapa hari sebelumnya, mereka juga telah mendapatkan pembekalan serta bimbingan dan orientasi kerja via daring mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tujuan, profil, tata tertib dan tata krama di perusahaan serta apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai program OJT ini.

pene 2 
pene 1
 
pana


Selain siswa kelas XI, pada periode September - Desember tahun ini juga para siswa kelas XII mengikuti program OJT menuju beberapa perusahaan (dunia industri), salah satunya PT. GMF AeroAsia, setelah tahun lalu tertunda karena pandemi.

 

Baca juga:
52 Siswa SMKN 4 Depok Jalani OJT Di Fasharkan Pesud Surabaya
Siswa SMKN 4 Depok Ikuti Pelatihan Di STPI Curug
Dua Siswa SMKN 4 Dikukuhkan Menjadi Paskibraka Tingkat Kota Depok
Taruna SMKN 4 Bertemu Presiden Dan Perwakilan Siswa SMK Se-Indonesia Di Bogor

Jumat, 03 September 2021 10:15

Bakti Sosial Dalam Rangka HUT Ke-6 SMKN 4 Depok

Ditulis oleh

SMK Negeri 4 Depok mengadakan kegiatan Bakti Sosial sebagai satu kesatuan Rangkaian Acara Memperingati HUT SMKN 4 Depok yang ke 6. Adapun tujuan dari diadakannya Bakti Sosial adalah diperuntukkan untuk siswa/siswi Yatim-Piatu, Dhu'afa, maupun yang terdampak COVID-19. Selain itu, dilakukan juga kegiatan Santunan anak Yatim-Piatu bertempat di Panti Asuhan Sirojul Qur'an.

yn

IMG 20210915 WA0007

IMG 20210915 WA0006

Seluruh dana untuk kegiatan ini bersumber dari infaq/sodaqoh seluruh keluarga besar/warga sekolah SMKN 4 Depok.

Septiani, siswi kelas XII EPU, anggota Pramuka Gugus Depan SMK Negeri 4 Depok, mengukir prestasi sebagai pembaca Naskah UUD 1945 tanpa teks di hadapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60, Sabtu, 14 Agustus 2021, bertempat di Gedung Pandan Sari, Taman Rekreasi Wiladantika Cibubur, Jakarta Timur.

Ia membacakan Naskah UUD 1945 secara virtual di hadapan Presiden Joko Widodo, yang juga selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka dan disiarkan secara langsung di TV nasional. Hal ini sontak mendapatkan pujian serta apresiasi dari banyak pihak. Kepala Sekolah, guru, sahabat, orang tua, serta pejabat daerah setempat mengungapkan rasa bangga mereka atas prestasi Septiani tersebut yang dinilai patut menjadi motivasi bagi para remaja lainnya, baik di lingkungan sekolah, maupun di wilayah tempat tinggalnya.

jokowi hut pram 60

Agenda ke depan, Septiani juga akan bertemu dengan Bapak Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat pada acara Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat Kwarda Jawa Barat bertempat di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Jum'at, 20 Agustus 2021 mendatang.

Dikutip dari Lensa Publik dengan sedikit perubahan

 

Baca juga: Pramuka SMKN 4 Depok Menjadi Bagian Dari Petugas Apel Besar Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021

BANDUNG - Nina Marlina, Dira Ayu Febriyanti, Faiq Usaer, Kusramdhani, Mochammad Rizky Ramadhan, Aulia Putri dan Septiani adalah diantara nama-nama anggota Pramuka Gugus Depan 09.039 dan 09.040, Ambalan Adi Sucipto dan R.A. Kartini SMK Negeri 4 Depok yang turut ikut serta menjadi petugas dalam kegiatan Upacara Puncak Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tingkat Kwarda Jawa Barat yang berlangsung di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Jum'at, 20 Agustus 2021.

Setelah sebelumnya Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Kota Depok menjadi petugas pada acara Apel Besar Hari Pramuka Ke-60 Tingkat Nasional Tahun 2021, yang pada saat itu Kak Nina Marlina bertindak sebagai Pemimpin Upacara, kini mereka menjalankan tugasnya di tingkat Kwarda Jawa Barat. Upacara peringatan ini juga dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Adapun pembagian tugas masing-masing ialah sebagai berikut:

Nina Marlina (Pemimpin Upacara),
Dira Ayu Febriyanti (Pembawa Acara),
Faiq Usaer (Pasukan Upacara),
Kusramdhani (Pengucap Dasadarma Pramuka),
M. Rizki Ramadhan (Pasukan Upacara),
Aulia Putri (Pasukan Upacara),
Septiani (Pembaca Naskah UUD 1945).

ridwan3

ridwan2

Kegiatan yang bertemakan "Berbakti Tanpa Henti" ini juga disiarkan secara virtual guna tetap menjaga protokol kesehatan dan kapasitas maksimum 50%. Kegiatan di Kwarda Jabar ini juga tidak dilangsungkan pada tanggal 14 Agustus dikarenakan pada saat yang bersamaan dilaksanakan Apel Besar Hari Pramuka ke-60 yang dihadiri Presiden RI, dimana kita patut berbangga bahwa petugas pada kegiatan Apel Besar tersebut, mulai dari pemimpin upacara, pengucap Pancasila, pembukaan UUD 45, Dasadarma, do'a, hingga pasukan pengawal panji seluruhnya dari Kwarcab Kota Depok.

Selain itu, Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat (Jabar) juga meluncurkan Super Apps Pramuka Jabar Juara yang merupakan aplikasi pramuka pertama di Indonesia. Aplikasi diluncurkan langsung oleh Ketua Mabida Pramuka Jabar yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga bertindak sebagai pembina upacara, bersama Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya.

Super Apps Pramuka Jabar Juara diluncurkan dengan tujuan supaya gerakan Pramuka Jabar mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi serta memiliki karakter disiplin yang penuh dengan keilmuan dan inovasi.

dira bandung

Kontributor: Dira Ayu Febriyanti , Faiq Usaer

Photo by: Pikiran Rakyat 

 

Baca juga: Pramuka SMKN 4 Depok Menjadi Bagian Dari Petugas Apel Besar Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021

DEPOK - Tiga siswa SMK Negeri 4 Depok atas nama Naila Harlands Salsabila, Giotona Yosua Manullang dan Andy Hidayat Noer Rohman masing-masing dari kelas XI-PPIEPU dan XI-EPU telah selesai dan sukses melaksanakan tugasnya masing-masing sebagai pengibar tengah pagi, penggembira, dan pembentang bendera sore pada upacara penaikan bendera memperingati HUT Ke-76 Republik Indonesia di lapangan Balai Kota Depok, Selasa, 17 Agustus 2021. Sebelumnya, mereka telah resmi dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Kota Depok pada Kamis sore, 12 Agustus 2021 di Aula Teratai Balai Kota Depok.

andy giotona


Mereka sebelumnya telah menjalani seleksi dan pelatihan selama kurang lebih 4 bulan ditambah karantina selama 1 minggu serta secara rutin mengikuti prosedur PCR Test dan Antigen serta Vaksinasi sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. Kini, ketiganya telah menyandang status sebagai purna paskibraka tingkat Kota Depok. Sekembalinya ke sekolah mereka mendapatkan ucapan selamat dari Kepala Sekolah dan para guru. Mudah-mudahan keduanya dapat menjadi teladan dan kebanggaan orang tua, guru serta teman-temannya.

Kami segenap keluarga besar SMKN 4 Depok merasa bangga atas pencapaian ketiganya. Sebagai informasi, SMKN 4 Depok memang selalu rutin mengirim perwakilan terbaiknya tiap tahun untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat kota dari mulai angkatan pertama hingga angkatan keempat.

Angkatan 1 : Zamrud Falaq Qodri, Aqmal Aqmam, Locano
Angkatan 2 : Irsyad Putra, Dwifa Oryza Sativa
Angkatan 3 : Gerry Alsafado
Angkatan 4 : M. Farhan Chaesar, Erna Rambe Purwati
Angkatan 5 : Seleksi ditiadakan (pandemi COVID-19)
Angkatan 6 : Giotona Yosua Manullang, Naila Harlands Salsabila, Andy Hidayat Noer Rohman

Di samping itu, SMK Negeri 4 Depok juga mengadakan pengibaran bendera merah putih di sekolah pada tanggal 17 Agustus 2021 yang dilaksanakan oleh Tim Paskibra. Karena walau bagaimanapun juga sang saka merah putih harus tetap berkibar pada momen peringatan hari kemerdekaan, tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan sebagian besar anggota tim telah melaksanakan vaksinasi.

Screenshot 20210819 163435

dilla

Kontributor: Fadilah Mutiara, Dimas F. P.
Photo by: @ppikotadepok on Instagram

 

Baca juga: Pramuka SMKN 4 Depok Menjadi Bagian Dari Petugas Apel Besar Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021

CIBUBUR - Taruna-taruni atas nama Dira Ayu Febriyanti, Mochammad Rizky Ramadhan, Aulia Putri Isma Pertiwi, Septiani, Kusramdhani, Eka Wiratama, Faiq Usaer dan Nina Marlina anggota Pramuka Gugus Depan 09.039 dan 09.040, Ambalan Adi Sucipto dan R.A. Kartini SMK Negeri 4 Depok telah sukses menjalani peran mereka menjadi bagian dari Petugas dalam Kegiatan Apel Besar Hari Pramuka Ke-60 Tingkat Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021 di Gedung Pandan Sari, Taman Rekreasi Wiladantika Cibubur, Jakarta Timur.

Petugas Upacara Hari Pramuka ke-60 Tingkat Nasional yang merupakan Pramuka terbaik dan terpilih Kota Depok telah dilatih secara khusus dan disiplin untuk dipersiapkan mensukseskan jalannya Upacara Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2021 bersama Presiden RI, Joko Widodo selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka, sebagai Pembina Upacara dan Kak Nina Marlina sebagai Pemimpin Upacara.

dirahost1 dirahost2

pram60 2

Sebelumnya mereka telah menjalani Karantina selama 3 hari mulai tanggal 12 Agustus 2021 hingga hari pelaksanaan. Mereka juga telah menjalani protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Virus COVID-19 dan selalu berkoordinasi dengan tim persiapan Petugas Apel Besar Hari Pramuka Ke-60. Selain itu, mereka juga telah melakukan Pengambilan Panji Pramuka serta Pembacaan Ulang Janji Pramuka pada Jum'at malam, 13 Agustus 2021.

janji1

janji2

SMK Negeri 4 Depok sangat bangga memiliki putra-putri terbaik harapan bangsa yang tercermin pada diri mereka. Semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi teman-teman serta adik kelasnya.

Nantinya, sebagian dari mereka juga akan mengikuti Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat Kwarda Jawa Barat mewakili Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Kota Depok bertempat di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Jum'at, 20 Agustus 2021 mendatang. (Link berita terlampir)

Kontributor: Rahmat ApriyantoDira Ayu Febriyanti
Photo by: @pramukadepok on Instagram

 

Baca juga: Septiani, Siswi Pembaca Naskah UUD 1945 Tanpa Teks di Hadapan Presiden RI

Berikut Hasil Seleksi Tahap 2 Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK Negeri 4 Depok. Calon peserta didik yang nama-namanya tercantum di bawah ini agar segera melakukan Lapor Diri/Daftar Ulang pada tanggal 12 - 14 Juli 2021 dengan mendatangi langsung Sekretariat PPDB SMK Negeri 4 Depok dengan membawa kertas Tanda Bukti Pendaftaran.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi No. Telp. 085159773414 (WhatsApp Chat only).

ppdb tahap 2 0001

ppdb tahap 2 0002

ppdb tahap 2 0003

ppdb tahap 2 0004

Peserta yang tidak melakukan Lapor Diri/Daftar Ulang hingga tanggal 14 Juli 2021 dianggap mengundurkan diri.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi No. Telp. 085159773414 (WhatsApp Chat only)

 

Berikut Hasil Seleksi Tahap 1 Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK Negeri 4 Depok. Calon peserta didik yang nama-namanya tercantum di bawah ini agar segera melakukan Lapor Diri pada tanggal 22 - 24 Juni 2021 dengan mendatangi langsung Sekretariat PPDB SMK Negeri 4 Depok dengan membawa kertas Tanda Bukti Pendaftaran.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi No. Telp. 085159773414 (WhatsApp Chat only).

hasil ppdb tahap1 1

hasil ppdb tahap1 2

hasil ppdb tahap1 3

hasil ppdb tahap1 4

hasil ppdb tahap1 5

Peserta yang tidak melakukan Lapor Diri dianggap mengundurkan diri.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi No. Telp. 085159773414 (WhatsApp Chat only)

 

Siswa-siswi SMK Negeri 4 Depok turun ke jalan menggalang dana untuk korban banjir di sejumlah daerah, Selasa (2/2/2021). Sambil membawa dus bekas, satu persatu kendaraan yang tersendat di lampu merah ITC Cibinong, Kelurahan Cirimekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, mereka datangi.

Hesti Anastasya Ano, Polisi Taruna Tingkat III sekaligus pengurus kegiatan mengatakan kegiatan tersebut sengaja digelar dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa empati para siswa membantu korban bencana alam di beberapa wilayah seperti Sumedang, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. “Kita melaksanakan kegiatan ini sesuai arahan dari sekolah, juga Taruna lainnya sebagai bukti dan juga memotivasi pemuda lainnya,” ungkapnya.

rokaat4 depok CKzH8eFHEFO

Lebih lanjut, ia juga menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh siswa Taruna tingkat satu sampai tiga yang tergabung dalam organisasi intra sekolah seperti pramuka, resimen poltar dan rohis maupun rohkris. Siswi yang akrab disapa Tasya ini juga menjelaskan, sumbangan yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada korban bencana alam tersebut. “Kami juga siap menerima donasi berupa apapun,” tegasnya.

Selain menggalang donasi di jalan, Tasya mengaku, pihaknya juga membuka bazar dengan menjual baju murah yang hasilnya, juga akan disalurkan kepada korban bencana melalui yayasan amal Aksi Cepat Tanggap (ACT). “Yang penting kita melakukan ini supaya bisa membantu juga menumbuhkan rasa empati kepada sesama, kedepannya kepada seluruh pemuda Indonesia agar lebih peduli kesesamanya,” harap Tasya.

Bagi yang ingin berdonasi lewat SMK Negeri 4 Depok bisa datang langsung ke sekolah dengan menghubungi kontak di 0859-3018-8713 (Alvrits) atau bisa juga melalui rekening 5721-1721-181 BCA A.n Obed Nego Otemusu.

rokaat4 depok CKjSDUKH4qk

Tepat pada hari ini, 92 tahun yang lalu, berlangsung Kongres Pemuda ke-2 yang memicu lahirnya Sumpah Pemuda. Bangsa Indonesia, yang saat itu masih terpecah belah oleh latar belakang suku, agama dan budaya, mulai menyadari akan pentingnya persatuan dan memahami siapa sebenarnya musuh mereka saat itu, yakni para penjajah. Hingga kemudian, momentum Sumpah Pemuda ini menjadi salah satu momen kebangkitan rakyat Indonesia dari perjalanan panjang bangsa ini menuju kemerdekaan.

Para pemuda, di era golabal sekarang ini dituntut untuk meneruskan perjuangan dan semangat para pemuda yang pada zaman dahulu telah terbukti bahwa pemuda ikut ambil bagian dalam memperjuangkan kemerdekaan.

SMK Negeri 4 Depok, dengan ini tetap terus mendorong kreativitas peserta didik dan turut serta mendidik pemuda-pemudi bangsa untuk selalu bersikap positif dalam segala hal dan menjunjung tinggi rasa persatuan dengan tidak membeda-bedakan suku, agama serta ras dimana di era globalisasi sekarang ini begitu banyaknya hoax dan hate speech yang kita lihat di dunia maya yang menjadi salah satu penyebab timbulnya perpecahan.

Oleh karena itu, pemuda-pemudi di era globalisasi saat ini dituntut untuk mampu menyaring derasnya arus informasi sehingga tidak termakan berita bohong. Karena terkadang yang menjadi musuh bangsa kita bukanlah dari bangsa luar, tetapi berasal dari elemen bangsa itu sendiri.

 

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-92
PEMUDA-PEMUDI INDONESIA, BERSATU & BANGKIT

 

Penulis: Sella Kurniawati, S.Pd.

______________________________________________

DAFTAR SISWA LULUS SNMPTN DAN SNMPN 2020
IDENTITAS SEKOLAH
SEJARAH SEKOLAH

Halaman 1 dari 6